Yang perlu dihindari dalam ternak louhan

Supaya proses ternak louhan kita bisa berhasil sesuai dengan yang kita harapkan ada beberapa hal yang perlu dihindari dan yang harus kita perhatikan,
berikut ini beberapa hal

yang harus kita perhatikan sebelum memulai ternak louhan


  • Akuarium dan Perlengkapannya

ini yang paling utama pastikan ukurannya sesuai dengan besarnya ikan, jangan menggunakan akuarium yang terlalu kecil atau sempit ukuran standart adalah panjang 70cm lebar 40cm dan tinggi 40cm jangan menggunakan akuarium dibawah ukuran tersebut, tetapi bila anda mau menggunakan dengan akuarium yang lebih besar itu justru lebih baik. cucilah dahulu akuarium hingga bersih disetiap sudutnya.
pastikan juga bahwa peralatan lain seperti mesin filter dan Aerator semua berfungsi dengan baik, bersihkan terlebih dahulu pipa dan sambungannya serta selang Aerator jangan sampai buntu dan tidak bisa mengeluarkan gelembung udara dengan sempurna.
Gunakan Kapas penyaring air yang tebal dan baru supaya air dapat disaring dengan baik.

  • Air yang Sehat dan jernih

Selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah Air pastikan air yang akan kita gunakan adalah air yang sehat dan jernih, bila menggunakan air PAM  endapkan terlebih dahulu minimal 2 jam agar kandungan Ph nya tidak terlalu tinggi kemudian berikan Garam khusus ikan secukupnya, garam ini bisa didapatkan di hampir semua toko ikan hias, pemberian garam ini bertujuan untuk meminimalisir akan adanya jamur yang dapat mengganggu kesehatan ikan.

sukses ternak louhan Yang Perlu Dihindari

Setelah Akuarium dan perlengkapan lainnya sudah siap kini yang perlu kita perhatikan adalah beberapa hal yang harus kita hindari sebelum proses ternak louhan kita dimulai

  • Jangan mencoba memaksakan louhan betina yang belum siap bertelur untuk di jodohkan dengan louhan jantan
karena bisa berakibat fatal dan resiko perkelahian pun lebih besar, Ciri louhan betina yang siap bertelur adalah pada bagian bawah perutnya terdapat pen yang agak memanjang dan menjurus keluar. bila Pen tersebut belum nampak keluar bearti louhan betina tersebut belum siap bertelur.
  • Pastikan Louhan jantannya sudah dewasa berusia sudah lebih dari 1 tahun dan berukuran lebih besar dari betinanya.
usahakan jangan menggunakan induk jantan yang berukuran sama dengan betinanya
  • Perhatikan kondisi mental kedua induk
pastikan keduanya dalam kondisi yang benar-benar sehat dan tidak sedang mengalami Stres atau sakit dan tidak sedang terkena jamur.
  • Jangan memeberi makanan terlalu berlebihan
yang mengakibatkan sisa makanan terapung atau tenggelam didalam akuarium karena hal ini bisa mengakibatkan air menjadi cepat keruh dan rawan penyakit, berilah makanan louhan yang alami berupa cacing atau udang secukupnya sedikit demi sedikit sampai ikan kenyang


Kesabaran dan ketekunan adalah kunci sukses keberhasilan dalam beternak ikan louhan

jangan pernah menyerah apabila usaha ternak louhan anda gagal, selalu akan ada kesempatan untuk mencoba dan berusaha kembali. Induk betina yang sudah cukup umur biasanya akan rajin bertelur seperti ikan louhan betina yang taufan pelihara yang kebetulan setiap 20 hari selalu bertelur hingga sampai saat ini sudah menetaskan lebih dari 500 ekor dan masih tetap produktif.

Previous
Next Post »