Tips memilih ikan louhan berkualitas

Ikan Louhan banyak terdapat di pasaran, hampir disetiap toko ikan hias menyediakan 2 - 3 ekor ikan louhan namun tidak semua yang di pasarkan memiliki kriteria yang berkualitas bagus jadi Sebelum anda membeli ikan Louhan ada baiknya anda membaca tips berikut ini yang akan memaparkan tentang bagaimana kita akan memilih ikan louhan yang berkualitas.
  • Jenong Air Water Head
ciri louhan berkualitas yang paling utama adalah memiliki jenong besar yang menonjol yang pada umumnya disebut water head atau jenong yang agak kecil yang biasa disebut bone head, jadi kalau mau yang berkualitas pilihlah yang jenong tipe water head
ikan louhan jenongjangan membeli louhan yang tidak memiliki jenong karena dapat membuat anda kecewa pada akhirnya.
  • Full Mutiara
Tanda louhan yang bagus juga terlihat pada butiran Mutiara yang menghiasi pada tubuhnya, ada 2 jenis mutiara pada louhan yaitu mutiara yang agak besar dan mutiara yang kecil, meskipun perbedaan mutiara ini cukup jelas namun keduanya tetap memiliki keindahan yang sama. intinya pilihlah ikan louhan dengan mutiara yang banyak, semakin banyak mutiaranya (full pearl) semakin berkualitas
  • Grafis Marking
Louhan pada umumnya memiliki grafis marking berwarna hitam yang terukir di tubuhnya kecuali jenis golden base atau louhan free marking. louhan jenis ini memang tidak memiliki marking namun meskipun demikian jenis golden base tetap mempunyai keunggulan walau tanpa marking.
jadi untuk memilih Louhan yang ber-marking pilihlah yang memiliki grafis marking tebal dan hitam dari pangkal sirip ekor hingga ke kepalanya, ukiran marking ini sangat bervariasi ada yg menyerupai bentuk huruf, angka, bintang, dll.
  • Body
Bentuk tubuh ideal atau body louhan berkualitas adalah lebar di bagian badan agak bulat dan tebal namun tidak memanjang, jangan memilih louhan yang kurus dan berbody panjang.
  • Warna Merah
Keindahan Louhan juga terlihat pada warnanya, Merah di bagian insang ke perut hingga ke sirip atas semakin cerah dan tajam menunjukkan louhan itu semakin berkualitas jadi jangan jangan memilih louhan yang warna merahnya pudar, meskipun untuk menajamkan warna merah yang pudar itu bisa diatasi dengan pemberian pakan yang baik, namun bagaimanapun juga warna yang pudar akan mengurangi nilai keindahan seekor Louhan.
  • Mata
ciri Louhan yang bagus juga bisa dilihat dari matanya yaitu terdapat lingkaran merah pada bola matanya
  • Mental Agresif
Louhan termasuk jenis ikan yang agresif gesit dan lincah, cobalh tempelkan tangan anda ke akuarium dan gerakkan tangan ke kanan dan kekiri jika louhan langsung berinteraksi mengikuti gerakan tangan anda bearti itu tandanya ikan tersebut memiliki mental yang bagus dan agresif, tetapi jika sebaliknya justru diam atau bahkan takut itu tandanya louhan tersebut tidak memiliki mental yang bagus atau mungkin sedang dalam keadaan sakit atau stress.

  • Sirip

Bentuk sirip bagian atas louhan yang bagus adalah naik dan tidak menguncup atau tertelungkup, naiknya sirip bagian atas menandakan bahwa ikan tersebut memiliki karakter yang berani dan agresif sedangkan untuk bentuk sirip bagian ekor, pilihlah yang bentuknya mengembang setengah lingkaran serta terdapat banyak mutiaranya dan tidak ada yang robek sedikitpun
Saran:
- Jangan membeli ikan Louhan yang dalam keadan sakit atau stress meskipun diberi harga murah
ciri-ciri louhan stress adalah akan muncul belang mirip sebra pada tubuhnya
- Jangan membeli ikan louhan yang sedang terkena jamur yang berwarna bintik-bintik putih meskipun ini bisa diobati tetapi alangkah baiknya bila kita membeli ikan yang sehat bukan?
Previous
Next Post »